Tuesday, June 09, 2009

PEUGEOT Hymotion3 Compressor Concept

Download Gambar Mobil Peugeot:
Peugeot Hymotion3 Compressor Concept (2008)

Klik gambar untuk download ukuran 1200 x 1600




Klik gambar untuk download ukuran 1200 x 1600


Pabrikan kendaraan makin kreatif dalam menuangkan ide kendaraan masa depan. Seperti yang dikembangkan Peugeot yang membuat perpaduan antara mobil dan scooter dengan melansir kendaraan konsep HYmotion3 compressor.

Pihak Peugeot menyatakan, HYmotion3 diciptakan sebagai solusi transportasi kota. Mengendarai seperti dalam kabin mobil, namun pada kenyataannya menggunakan basis sebuah scooter. Kendaraan ini memadukan mesin bakar konvensional dengan tenaga listrik. Untuk itu, HYmotion diklaim mengonsumsi bahan bakar sangat efisien, yaitu 51 km/liter, dengan kadar emisi karbondioksida (CO2) 47 gr/km.

Kendaraan dengan roda tiga (dua di depan) ini, berjalan dengan sistem penggerak motor listrik untuk dua roda depan. Sementara roda belakang ditenagai dengan mesin konvensional. Kombinasi kedua mesin yang menggerakkan seluruh roda ini, menjadikan HYmotion3 sangat irit namun bertenaga.

Peugeot memang mengadopsi berbagai teknologi mobil dan motornya untuk digunakan pada HYmotion3. tak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya produsen kendaraan Prancis tersebut memiliki usaha Peugeot Motorcycle yang juga memproduksi scooter.

Untuk membuat HYmotion3, Peugeot mengadakan serangkaian penelitian pasar mengenai apa impian orang terhadap model kendaraan masa depan. Akhirnya didapatlah sebuah kesimpulan, yaitu memadukan antara kenyamanan, kecepatan, kelincahan, serta pengehematan bahan bakar.

Meski beroda tiga, HYmotion3 memiliki kestabilan, keamanan, serta kenyaman saat dikendarai. Lebarnya yang hanya 82 cm, memungkinkan kendaraan ini bermanuver di kepadatan kota. Penutup yang memanjang dari depan hingga belakang, melindungi pengemudi dan penumpang dari panas dan hujan.

Motor listrik yang dihasilkan dari baterai mampu menambah tenaga sebesar hingga 6 kW untuk kedua roda depan. Kombinasi mesin hybrid dan konvensional mampu menghasilkan tenaga hingga 21 kW atau setara dengan 29 bhp.

Peugeot sendiri mengaku optimistis dengan masa depan kendaraan jenis ini. Meski belum menyatakan, kapan model produksinya akan mulai dijual, konsumen di Prancis cukup memiliki SIM jenis B. SIM ini relatif lebih mudah didapatkan ketimbang SIM mobil, sehingga pemakainya pun lebih banyak.